Minggu, 19 Januari 2014

Jenis-Jenis Acuan Hasil Pre-Press

Penampang Acuan Cetak

Berdasarkan bentuk acuannya cetak konvensional terbagi atas :
  1. Cetak Datar (Lithography)
-          Ofset
  1. Cetak Tinggi (Letter Press)
-          Flexography (Acuan Lunak / elastis)
  1. Cetak Dalam (Gravure Printing)
-          Rotogravure
  1. Cetak Saring (Screen Printing)
-          Cetak Sablon

1. Cetak Datar/Ofset

       Bagian Mencetak (BM) Sama tingginya dengan Bagian Tidak Mencetak (BTM) (proses produksinya dilengkapi dengan bantuan air pembasah). Proses pencetakan diawali dengan membasahi BM dan BTM, kemudian penintaan melalui rol tinta. Tinta hanya menempel pada BM dipersiapkan hanya menerima tinta dan menolak air, sedangkan BTM menolak tinta menerima air.

2. Cetak Tinggi/Letter Press

       Bagian Mencetak (BM) lebih tinggi dari Bagian Tidak Mencetak (BTM) (proses pencetakan, lapisan tinta pada rol-rol tinta dialihkan ke Bagian Mencetak (BM) melalui rol-rol. Bagian mencetak dengan mudah menerima lapisan tinta dari rol-rol tinta.

3. Cetak Dalam (Gravure Printing)

        Bagian Mencetak (BM) lebih rendah dari Bagian Tidak Mencetak (BTM) (proses produksinya dilengkapi dengan RAKEL sebagai penghapus/penggaruk tinta diatas BTM). Lapisan tinta dari rol tinta menempel pada BM dan BTM dengan menggunakan RAKEL, lapisan tinta pada BTM dihapus/digaruk, sehingga tinta tinggal pada BM.

4. Cetak Saring

       Bagian Mencetak (BM) berlubang untuk ditembus tinta (proses pencetakan, tinta menembus pada acuan (BM) yang berlubang). BM berbentuk lubang-lubang diantara jaringan acuan cetak. Melalui model yang disinari, bagian acuan yang semula dilapisi lapisan peka cahaya yang tidak terkena cahaya larut oleh cairan pengembang jadi berlubang. Pencetakan tinta menerobos pada lubang saringan yang berbentuk model/gambar.



sumber : modul (pengantar teknologi grafika, soebardianto)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar